Senin, 02 September 2013

Metode Ilmiah



METODE ILMIAH


Judul                           : Pengaruh eceng gondok bagi pertumbuhan ikan

Variabel bebas      : Eceng gondok

Variabel terikat    : Pertumbuhan ikan

Variabel control    : Air,oksigen,eceng gondok(parasit)

Rumusan masalah  : Apakah eceng gondok berpengaruh bagi     pertumbuhan ikan?

Hipotesa H1          : Apakah pertumbuhan eceng gondok berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan?

Jawab                   : Pertumbuhan eceng gondok berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan

Hipotesa H0         : Apakah pertumbuhan eceng gondok berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan?

Jawab                  :  Pertumbuhan eceng gondok tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan

Tujuan penelitian : Untuk mengamati apakah eceng gondok berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan

Manfaat penelitian: Manusia jadi bias mengkonsumsi ikan lebih banyak
Tinjauan pustaka    : Eceng gondok (Eichornia crassipes) merupakan tumbuhan air yang tumbuh di rawa-rawa,waduk,danau dan sungai yang alirannya tenang. Menurut sejarahnya, eceng gondok di Indonesia dibawa oleh seorang ahli botani dari Amerika ke kebun Raya Bogor. Akibat pertumbuhannya yang cepat (3% per hari) eceng gondok ini mampu menutupi seluruh permukaan suatu kolam. Eceng gondok tersebut lalu dibuang melalui sungai di sekitar Kebun Raya Bogor sehingga menyebar ke sungai-sungai, rawa-rawa dan sungai-sungai di seluruh Indonesia. Eceng gondok dewasa, terdiri dari akar, bakal tunas, tunas(stolon), daun, petiole, dan bunga. Dau-daun eceng gondok berwarna hijau terang berbentuk telur yang melebar atau hampir bulat dengan garis tengah sampai 15cm. Pada bagian tangkai daun terdapat masa yang menggelembung yang berisi serat seperti karet busa. Kelopak bunga berwarna ungu muda agak kebiruan. Setiap kepala putik dapat menghasilkan sekitar 500 bakal biji atau 5000 biji setiap tangkai bunga, sehingga eceng gondok dapat berkembang biak dengan dua cara yaitu dengan cara tunas dan biji.
Komposisi kimia eceng gondok tergantung pada kandungan unsur hara tempatnya tumbuh, dan sifat daya serap tanaman tersebut. Eceng gondok mempunyai sifat-sifat yang baik antara lain dapat menyerap logam-logam berat, senyawa sulfida, selain itu mengandung protein lebih dari 11,5% dan mengandung selulosa yang lebih tinggi besar dari non selulosanya seperti lignin, abu, lemak, dan zat-zat lain.

Melakukan eksperimen     : Banyaknya eceng gondok yang berada di rawa-rawa, danau dan sungai menyebabkan ikan-ikan tidak dapat berkembang dan hidup baik karena oksigen yang seharusnya untuk ikan diambil oleh eceng gondok.

Peroleh hasil                     : Jadi pertumbuhan eceng gondok sangat mengganggu pertumbuhan ikan
Analisis                       : Jika eceng gondok berkurang maka ikan-ikan akan hidup dengan baik begitu pula sebaliknya

Kesimpulan                : Dengan teraturnya memotong eceng gondok di rawa-rawa, danau dan sungai akan membuat perkembangan ikan menjadi baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar